Installing Package Mikrotik with NetInstall

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana install dan upgrade package Router OS mikrotik dengan Netinstall melalui kabel serial dan kabel ethernet pada mikrotik.  adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. Download Netinstall and Package mikrotik
2. Buat topologi seperti berikut



3. Buka Putty untuk  komunikasi serial dan setting seperti berikut


4. Hidupkan mikrotik dan tekan any key selama 2 detik untuk masuk ke menu setup


5. Pilih o "boot device"


6.  Pilih e boot over eternet

7. pilih x untuk exit setup dan booting via ethernet




8. Buka Netinstall dan pilih net booting isikan IP 192.168.88.1 dan setting IP PC 192.168.88.2


9. Setelah muncul RB433 Pilih Router OS yang ingin di install  kemudian klik install


10.  Maka pada putty  tampilan  proses installasi package



11. Setelah selesai maka akan ada perintah reboot tekan enter dan matikan Netinstall agar tidak reboot ke Netinstall lagi



12.  Proses Installasi selesai dah mikrotik dapat digunakan sesuai fungsinya






Jika ada kegagalan dalam proses installasi dapat ditanyakan pada comment dibawah ini 


Share on Google Plus

About doyan

Semoga apa yang telah di pelajari dari website ini dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya

8 comments :

  1. Mas mau tanya, saya instal netinstal sesuai di Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=GIijZ6_i55g, saya masukkan all_packages-mipsbe-5.20.zip sudah saya zip, proses berhasil , maaf saya install di Win 8 pro, namun yang terjadi Komputer saya harus install ulang Total, krn hardisk bad sector, instal ulang windows, fungsi Netinstall untuk reset password di mikrotik RB750, atau kalo mikrotik router baru apa harus melakukan net instal juga, kl Vmware saya instal mikrotik 5.20 karena saya pake windows bukan linux. apa yang salah, sehingga windows harus instal ulang, makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tidak akan berpengaruh terhadap laptop, fungsi net install hanya untuk me reset mikrotik via serial. kalo beli mikrotik baru tinggal di gunakan saja, klo install di vmware juga g berpengaruh ke laptopnya, kalo terjadi error laptop berarti ada faktor lain

      Delete
    2. untuk video install mikrotik di vmware dapat lihat https://www.youtube.com/watch?v=GW5bGo-wp-E

      Delete
    3. saya baru tahu tnyata terjadi proses bootlap dan window 8 tertimpa, penyebab lain saya tidak exit dari netinstall sehingga reboot kembali ke netinstal bukan ke windows,.maaf, saya sudah searching kemana-mana

      Delete
  2. Selamat pagi, Kunjungan dari Hermanbagus sahabat blogger lama, bagaimanakah kabar sobat? masih sering postingkah? semoga sehat selalu menyertai sobat :) lagi memulai bw nih sob, salam blogger Hermanbagus :)

    ReplyDelete