Remote Router via PHP

Kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman di bidang progammer PHP, saat geladi di PT telkom saya mendapat tugas beberapa tugas diantara tugas tugas tersebut ada ilmu baru yang saya dapat salah satunya yaitu mengeksekusi perintah perangkat jaringan dengan skrip PHP, di lapangan saya menjalankan skrip pada prerangkat OLT namin disini saya akan melakukannya pada router, study kasus saya diminta untuk melakukan uploud konfigurasi dari router ke komputer server dengan berbasiskan web. setelah browsing di internet saya menemukan pencerahan tentang solusi tersebut yaitu denga menjalankan peritah telnet dengan fungsi "fsockopen" pada php, kemudian menginputkat pada progaram agar konfigurasi pada router dapat teruploud ke komputer server, berikut ini contoh script yang dapat dijalankan :

hasilnya akan terlihat seperti ini



perintah diatas jika dijalankan sama dengan menjalankan perintah pada router degan menggunakn putty atau software remote akses lainnya, jadi cukup membuka web browser perintah akan otomatis teresekusi sesuai dengan settingan di program yang telah kita buat


Share on Google Plus

About doyan

Semoga apa yang telah di pelajari dari website ini dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya

0 comments :

Post a Comment