Configuration Routing protocol ISIS

IS-IS merupakan salah satu routing protokol Link-State, Tidak seperti OSPF , yang dikembangkan dan distandarisasi oleh Internet Engineering Task Force ( IETF ) , IS - IS adalah protokol ANSI ISO dan pada awalnya didasarkan pada Teknologi Digital Equipment Perusahaan DECNET Tahap V Network.
Pada IS- IS semua router menempatkan informasi dalam PDU link- lain yang diterima ke dalam database link-state mereka , dan semua router memiliki roting table yang sama dari topologi jaringan . IS - IS menjalankan algoritma SPF pada informasi dalam database link-state untuk menentukan jalur terpendek ke setiap tujuan pada jaringan , menempatkan pasangan tujuan / next- hop yang dihasilkan dari perhitungan SPF ke database IS- IS routing .

Tidak seperti protokol lain yang biasanya berjalan pada TCP , UDP , atau IP , yaitu OSI Layer 3 atau Layer 4 protokol , IS - IS berjalan secara langsung pada data link layer ( Layer 2 ) .

Alamat IS- IS terdiri dari tiga bagian :
contoh :  49.0001.1921.6800.1002.00

1. Identifier Area:  tiga byte pertama adalah ID daerah . Byte pertama dari contoh ini - 49 - adalah identifier alamat keluarga ( AFI ) dari otoritas. Nilai AFI 49 setara dengan RFC 1918 address space untuk protokol IP .

2.  Dua byte ID daerah - 0001 - mewakili IS- IS area nomor .
3. Identifier Sistem : Enam byte berikutnya mengidentifikasi node ( router ) pada jaringan . Identifier sistem setara dengan host atau bagian alamat pada alamat IP .
Contoh topology IS-IS


Konfigurasi Router 3

Konfigurasi Router 5

Konfigurasi Router

Setting IP Qemu 4


 Setting IP Qemu 5


 Setting IP Qemu 6


Konfigurasi Perutingan ISIS telah Selesai Untuk pengetesannya anda dapat melakukan ping antar PC

Tes PING antar PC




Untuk melihat routing table Dari router yang telah di routing ISIS dapat melihat gambar dibawah ini







Coba lakukan pengecekan juga  pada router 5 dan router 3 


Share on Google Plus

About doyan

Semoga apa yang telah di pelajari dari website ini dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya

0 comments :

Post a Comment