Koneksi Winbox Mikrotik ke GNS 3

Winbox merupakan aplikasi GUI untuk setting mikrotik, Dalam artikel saya sebelumnya sudah saya jelaskan cara insert router mikrotik ke GNS 3, sekarang saya akan lanjutkan tutorial tersebut yaitu bagaimana menyambungkan router mikrotik di GNS 3 ke Winbox agar kita lebih mudah mengkonfigurasikannya yaitu dengan menyambungkan router mikrotik di GNS 3 ke Cloud (Cloud merupakan media dalam GNS 3 untuk menyambungkan topologi yang ada dalam GBS 3 ke perangkat atau media lain) . berikut ini langkah-langkahnya :


  1. Download Winbox,
  2. Open GNS 3 dan Buat topologi seperti berikut : Insert 2 router mikrotik, Cloud, Ethernet  Switch (Untuk menyambungkan interface cloud ke router mikrotik).



Sebelum menyambngkan Cloud ke switch kita harus setting interface cload dulu, disini saya menyeting interface cloaud dengan interface VMnet8 (Virtual interface dari VMware) kita juga dapat sambungkan ke ethernet card komputer kita  (Tergantung kebutuhan) 

\


3.  Setelah setting cloud selesai selanjutnya hubungkan dengan kabel seperti topologi diatas, dan klik start pada router mikrotik 1 dan 2




4. Setelah muncul terminal dari mikrotik 1 dan 2, setting mikrotik 1 login dengan login: anmin ; Password : (dikosongi tekan aja enter).

5. Setting IP ethernet pada mikrotik yang terhubung ke switch ( Sebenarnya winbox dapat membaca mac address namun lebih setabil jika kita hubungkan dengan IP bukan mac address koneksi tidak mudah terputus)

Setting ether 1 (terbaca di gns 3 e0 namun jika dikonfiq mikrotik itu merupakan ethernet 1 berlaku juga untuk e1 dan e2)  dengan IP 192.168.10.1/24 

6. Setting interface yang tadi pada langkah ke 2 kita hubungkan ke cloud (disini saya pake VMnet 8), setting     satu  network dengan ethernet1 pada mikrotik

7. Open Winbox.exe, dan pilih IP dari router mikrotik 1 (Karena Kita telah menyetting IP pad mikrotik 1 maka kita klik IPnya jika kita belum menyetting IPnya maka kita klik MAC Addressnya)


8. Kita dapat cek hasilnya dan selesai sudah postingan saya kali ini



Share on Google Plus

About Isna Ijal

Semoga apa yang telah di pelajari dari website ini dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya

0 comments :

Post a Comment